Merawat Karpet Rumah Tangga

Jul 21, 2020tips

Karpet memiliki fungsi yang bermacam – macam dari mulai untuk pemanis ruangan atau dekorasi rumah, area bermain anak – anak, sampai dengan berbincang dengan tamu, seperti hal nya dengan fungsi sofa di rumah anda. Begitu banyak kegiatan yang dilakukan di karpet sehingga terkadang kotor, sampai tempat tinggalnya beberapa serangga yang akhirnya menyebabkan karpet mudah aus dan akhirnya masuk tempat sampah.
Sebenarnya ada begitu macam bahan namun pada dasarnya untuk merawat tidak ada perbedaan yang mencolok. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa di lakukan agar karpet anda memiliki “umur” lebih panjang :

Penempatan Karpet

Karpet mudah sekali untuk kotor apalagi kalau diduduki atau diinjak lebih sering, oleh karena itu, karpet perlu di jauhkan dari sumber debu dan kotoran untuk mengurangi terkontaminasinya karpet dengan debu, misalnya jangan dekatkan karpet dengan tempat sepatu, atau di letakkan di teras. Cukup letakkan di kamar atau di ruang tamu.

Bersentuhan Langsung dengan Alas Kaki

Sepatu atau sandal yang habis dipakai dari luar rumah sebaiknya tidak di bawa masuk ke dalam rumah apalagi menginjak karpet, karena kotoran dan debu serta kuman akan merusak karpet anda, apalagi terjadi secara berulang – ulang. Untuk meminimalisir kuman dan debu masuk sediakan atau pasang keset di depan pintu, dan jangan lupa untuk keset juga di cuci secara teratur serta berkala.

Segera Bersihkan Noda

Apabila didapati noda pada karpet segera dibersihkan. Jangan langsung digosok karena akan membuat noda semakin melebar. Gunakan uap untuk melunakkan noda tersebut, sehingga mudah untuk terangkat. Hanya untuk berlaku untuk noda baru ya .. 🙂 .

Ada ramuan sederhana yang bisa anda gunakan untuk membersihkan noda. Campur jus lemon, garam, air dan cuka lalu semprotkan, campuran ini juga mampu membantu mengangkat noda dikarpet.

Cuci Rutin

Untuk harian, bisa gunakan vakum untuk mengangkat debu dan kotoran, lakukan di pagi hari dan malam hari. Lebih baik lagi ketika setelah melakukan aktivitas di atas karpet.

Karpet dapat di cuci minimal 2 kali setahun, pastikan saat mencuci karpet di jemur langsung pada sinar matahari sehingga lebih cepat kering, jangan biarkan karpet lembab karena tidak kering. Karpet yang lembab menyebabkan bau tidak sedap, dan kuman mudah berkembang di sana.

Agar memastikan karpet anda benar – benar bersih, gunakan jasa pembersih karpet yang sudah terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya. Klik icon whatsapp di pojok kanan bawah dan tanyakan : ) atau bisa akses di SINI .
×

Halo

Klik kontak kami di bawah ini,
kirimkan email ke ayocucisofa@gmail.com
atau Telp serta SMS di nomor 085-786-107-421

×