Masalah yang sering terjadi pada sofa

Aug 12, 2020Ulasan

Halo .. Apa kabar semuanya ? semoga sehat selalu ya,.. Bagaimana dengan rumah anda ? makin nyaman tentunya. Bicara mengenai kenyamanan salah satunya adalah kehadiran sofa,.. ya sofa merupakan salah satu pelengkap dari rumah di samping untuk melengkapi dekorasi rumah, sofa juga tempat untuk melakukan berbagai aktifitas di dalam rumah.
Coba bayangkan apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sofa : dari mulai sekedar tidur – tiduran, menonton tv, berbincang, membaca buku, dan aktivitas lainnya.

Nah bagi anda yang baru membeli sofa,.. selamat ya,.. tentunya anda dan keluarga semakin ada tempat favorit dengan kehadiran sofa baru di rumah anda. Sofa baru dengan kualitas bagus tentunya juga akan memberikan kenyamanan yang tidak dapat diragukan lagi, namun kenyamanan itu juga tentu akan cepat pudar apabila kita tidak melakukan pencegahan akan berbagai masalah yang mungkin akan timbul.

ayocucisofa.com akan mengulas kira-kira apa saja sih permasalahan yang sering timbul terhadap sofa kita dan bagaimana cara menanganinya.

Noda

Terkena noda merupakan permasalahan yang paling sering terjadi, sebenarnya bukan hanya di sofa saja sih,.. meja, lantai bahkan di kasur. Noda pun bermacam – macam dari debu, remahan makanan, tumbahan minuman, cairan lengket, cat gambar, krayon dan lain – lain.

Kalau sofa anda terkena noda, segeralah untuk membersihkan nya dengan kain basah, jangan di tunda dan menunggu noda tersebut meresap lebih dalam ke sofa tersebut, kalau perlu gunakan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan noda tersebut.
Bagaimana juga noda tersebut membandel ? bersihkan noda tersebut setiap hari dengan telaten, tambahkan cairan pembersih juga. O iya jangan lupa ya,.. lakukan dengan hati – hati agar permukaan sofa tidak rusak.

Salah satu cara agar noda tidak mengganggu tampilan dari sofa anda, cobalah dengan memilih sofa dengan warna yang lebih gelap agar kalau terkena noda tidak begitu terlihat, namun tetap di bersihkan ya..

Warna Memudar dan Berubah Warna

Walau tidak megubah fungsi nya sebagai tempat beraktifitas secara umum, namun warna yang memudar bahkan berubah warna mungkin menjadi gangguan dalam segit tampilan.

Apa sih penyebab dari warna memudar dari sofa ? ada 3 hal yang mungkin menjadi penyebab hal tersebut :

  1. Usia dari sofa yang sudah cukup lama
  2. Letak dari sofa yang langsung terkena sinar matahari
  3. Penggunakan cairan pembersih yang kurang tepat untuk sofa anda

Dari hal tersebut apa yang bisa dilakukan ? untuk yang pertama jelas mengganti kain atau kulit dari sofa anda dengan yang baru. Yang kedua, dari awal anda sudah membelikan cover untuk sofa anda untuk menutupi sofa anda apabila tidak di gunakan, atau pindahkan sofa anda yang tidak terkena matahari langsung (saatnya mengganti layout rumah anda 🙂 ). Dan yang ketiga, pastikan cairan yang anda gunakan tepat sesuai dengan jenis sofa anda.

Pecah, Terkelupas dan Robek

Penyebabnya bisa karena proses di produsen, produsen tidak memilih bahan sofa yang mudah tertarik ketika digunakan untuk duduk atau jenis bahannya yang kurang bagus. Kejadian ini biasa terjadi pada sofa dengan jenis kulit atau kulit sintetis walaupun jenis kain bisa juga terjadi.
Penyebab lain nya adalah karena terpapar sinar matahari langsung atau penggunaan cairan pembersih yang kurang tepat juga bisa terjadi. Untuk kondisi sofa yang robek, sebenarnya bisa di lakukan dengan menjahit namun mungkin tampilannya menjadi tidak bagus. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengganti lapisan sofa dengan yang baru sehingga memberikan efek yang agak permanen.

Berjamur

Kondisi hujan dan lembab dapat mengakibatkan suburnya jamur bukan hanya tembok anda tapi juga sofa anda baik di permukaan maupun di bagian dalam sofa. Untuk mengatasinya, segera letak an sofa anda di area yang lebih hangat tapi jangan terpapar langsung dari sinar matahari.

Dan untuk membersihkan gunakan cairan pembersih khusus untuk mengilangkan jamur di sofa anda, sehingga sofa anda terbebas dari jamur yang akan merusak sofa anda nantinya.

Berbau

Dalam situasi tertentu, sofa anda juga bisa mengeluarkan bau tidak sedap sehingga dapat mengganggu anda dan tamu yang berkunjung ke rumah anda. Biasanya di sebabkan oleh jamur atau bertambahnya kelembaban sofa.
Yang bisa di lakukan selain anda harus membersihkan secara rutin sofa anda, dan memastikan sofa anda tidak lembab, anda juga bisa memberikan pewangi seperti akar wangi, bubuk kopi, atau menyemprotkan cairan cuka di sofa anda. Untuk bubuk kopi, taburkan bubuk kopi di sofa anda dan diamkan beberapa saat kemudian jangan lupa untuk membersihkan kembali dengan menggunakan penyedot debu.

Berkutu

Sofa yang terbuat dari bulu – bulu halus dapat menjadikan sarang kutu, sehingga akan sangat mengganggu ketika anda duduk di sofa tersebut seperti gatal – gatal. Oleh karena itu, segeralah untuk membersihkan sofa tersebut dengan cairan pembunuh kutu agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan lebih parah lagi.

Demikian kurang lebih beberapa masalah yang biasa terjadi untuk sofa anda, dan anda bisa mencoba untuk melakukan pencegahan serta mengatasinya dengan beberapa hal di atas.

Namun apabila anda masih belum PD dan yakin sofa anda sudah terbebas dari permasalahan di atas, anda bisa kontak kami untuk membuat sofa anda menjadi kinclong kembali dengan membersihkannya, repair atau bahkan anda ingin membuat sofa baru untuk melengkapi hunian cantik anda.

×

Halo

Klik kontak kami di bawah ini,
kirimkan email ke ayocucisofa@gmail.com
atau Telp serta SMS di nomor 085-786-107-421

×