Lantai rumah, baik yang terbuat dari kayu, keramik ataupun bahan lainnya sering mengalami masalah kelembapan. Lantai rumah yang lembab dapat menjadi penyebab munculnya penyakit akibat pertumbuhan berbagai jamur dan bakteri.

Lantai yang lembab disebabkan oleh adanya air yang berasal dari tanah, yang muncul dan merembes ke atas. Munculnya air tesebut disebabkan oleh lapisan adukan pada lantai yang tidak kedap air.

Untuk mengatasi lantai keramik yang lembab, alat dan bahan serta langkah-langkah pengerjaannya dapat diikuti sebagai berikut. Dikutip dari buku Home Repairing Solusi Mudah Atasi Kerusakan Rumah karangan Griya Kreasi,

Alat dan bahan yang harus Anda persiapkan adalah lembaran plastik, pasir, semen, dan sendok semen. Pertama, bila lantai kedap air, cukup tutup nat dengan bahan kedap air. Untuk lantai yang tidak kedap air, seperti lantai parket, angkat lantai di daerah yang permukaanya lembab sampai ke lapisan urukan pasir.

Kedua, lapisi permukaan pasir tadi dengan menggunakan lembaran plastik. Beri spesi kedap air dengan perbandingan semen dan pasir 1:2. Dengan ketebalan spesi sekitar 3 cm. Jika sudah, pasang kembali lantai seperti semula. Selamat mencoba!

×

Halo

Klik kontak kami di bawah ini,
kirimkan email ke ayocucisofa@gmail.com
atau Telp serta SMS di nomor 085-786-107-421

×