Pernahkah Anda menemukan bercak-bercak asing pada sofa kulit kesayangan Anda? Bisa jadi bercak tersebut ditimbulkan oleh jamur dan lumut yang tumbuh pada sofa. Jamur dan lumut memang dapat tumbuh di permukaan furnitur yang terbuat dari kulit, terutama jika sofa jarang dibersihkan, sering lembap, dan kurang diperhatikan keadaannya.

Jika noda jamur sudah telanjur nampak pada sofa Anda, hindari terburu-buru menggunakan bahan kimia yang keras seperti pemutih untuk menghilangkannya. Hal tersebut dapat merusak permukaan kulit dan membuat sofa Anda jauh lebih memprihatinkan. Berikut ini ada tips menghilangkan noda jamur dan lumut dari sofa kulit Anda.

1. Bawa sofa ke luar rumah
Minta bantuan anggota keluarga untuk mengeluarkan sofa yang berjamur ke luar rumah. Dengan membersihkannya di luar, maka Anda telah mencegah spora jamur dan alergen berbahaya lainnya beterbangan di dalam rumah. Ambil sikat halus untuk menggosok jamur dan lumut yang ada di permukaan sofa. Gunakan masker dan sarung tangan saat melakukannya demi keamanan dan kesehatan. Setelah itu, vakum sofa untuk menghilangkan debu atau kotoran yang tersisa.

2. Jemur sofa
Panas yang dihasilkan sinar matahari dapat membantu mengangkat kelembapan pada sofa yang memicu timbulnya jamur dan lumut. Namun, karena kulit adalah bahan yang sensitif terhadap paparan langsung sinar matahari dalam waktu lama, maka cukup jemur sofa di bawah sinar matahari selama 2 jam. Penjemuran singkat tidak akan sampai merusak permukaannya, tapi cukup untuk membunuh jamur dan lumut karena mereka tak bisa hidup di lingkungan yang terlalu kering atau panas.

3. Bersihkan sofa
Setelah dijemur, bawa sofa masuk kembali. Buat larutan dari campuran air dan sabun yang mengandung pelembap. Celupkan kain kering ke dalamnya, peras, lalu seka seluruh permukaan sofa untuk menghilangkan noda yang ditinggalkan jamur dan lumut. Setelah itu, buka jendela agar udara masuk ke dalam rumah dan mengeringkan sofa dengan alami. Jika tak memungkinkan, arahkan kipas angin pada sofa hingga kering.

Sofa Anda pun akan bersih kembali dari noda jamur dan lumut yang membuat tampilan sofa kurang cantik. Namun tentu saja, tingkat keberhasilan tips di atas sangat bergantung pada jenis bahan kulit sofa dan tingkat nodanya. Untuk mencegah jamur dan lumut kembali tumbuh di sofa Anda, selalu bersihkan sofa setiap hari dan jangan sampai sofa Anda basah. Selain itu, bisa juga dengan mengangin-anginkan sofa secara berkala untuk menjaga kesegarannya. Jika ingin hasil yang lebih baik, Anda bisa cuci sofa kulit Anda secara profesional dengan bantuan tenaga ahli. Sofa kulit Anda dijamin bersih luar dalam tanpa harus mengeluarkan keringat.

×

Halo

Klik kontak kami di bawah ini,
kirimkan email ke ayocucisofa@gmail.com
atau Telp serta SMS di nomor 085-786-107-421

×